Serunya Persaingan Bisnis Ritel Di Cimahi

Kota Cimahi semakin hari terus berkembang, termasuk bisnis ritelnya, berbagai pusat perbelanjaan terus bermunculan meramaikan persaingan bisnis ritel di kota yang populer dengan julukan kota hijau ini. Di tahun 90-an, Ramayana Cimahi yang terletak di dekat Alun-alun terlihat sangat dominan dan menjadi tempat favorit belanja bagi warga Cimahi, pada waktu itu saingannya adalah Mawar Supermarket, Buana Supermarket dan Daimaru Supermarket, namun seiring berjalannya waktu Mawar Supermarket dan Daimaru harus tutup karena kalah bersaing, Sementara Ramayana dan Buana hingga saat ini masih tetap eksis meski harus menghadapi persaingan baru yang semakin ketat dengan kemunculan pusat-pusat perbelanjaan yang baru.

Sejak tahun 2000-an, kemunculan mall, plaza dan perusahaan ritel lainnya semakin marak di Kota Cimahi, Ramayana tak lagi menjadi penguasa tunggal bisnis ritel di Kota tentara ini. Di ujung Selatan jalan Gandawijaya telah berdiri Cimahi Mall yang diklaim sebagai pusat perbelanjaan terbesar di Kota Cimahi, lalu di jalan Amir Machmud atau tepatnya di kawasan Cibabat juga telah berdiri Yogya Plaza, letaknya yang cukup strategis karena berada di pinggir jalan utama kota Cimahi tersebut membuat pusat perbelanjaan ini mudah dikunjungi oleh para pengunjung yang menggunakan mobil. Kemudian di Bagian utara Kota Cimahi yakni di kawasan Cihanjuang yang tak jauh dari gedung Pemkot Cimahi telah berdiri pusat perbelanjaan Borma. Bahkan yang terbaru di bagian Barat Kota Cimahi telah hadir pula Transmart Carrefour (dulunya adalah Samudra Plaza) yang berdiri di kawasan Cisangkan. Belum lagi kehadiran tempat perbelanjaan lain seperti Alfamart dan Indomaret yang bertebaran seperti jamur hampir di setiap sudut wilayah Kota Cimahi, serta Superindo dan tempat belanja sejenis lainnya.
Selain pasar-pasar Modern di atas, bisnis ritel di Cimahipun tentu saja di ramaikan oleh beberapa pasar tradisional dan beberapa pasar bangunannya telah dibuat cukup modern, di antaranya adalah Pasar Antri Baru, Pasar Atas Baru, Pasar Cimindi dan Pasar Baros.

Saat ini tempat-tempat belanja di Kota Cimahi nampak agak merata, karena baik di kawasan Utara, Selatan, Timur dan Barat ada pusat perbelanjaan besar yang banyak dikunjungi warga dan tidak lagi fokus di pusat Kota, nampaknya kedepan persaingan bisnis ritel di Cimahi akan semakin sengit, apalagi jika kemudian muncul lagi pusat-pusat perbelanjaan baru. Persaingan tersebut tidak hanya berdampak pada pebisnis ritel berskala besar, namun yang paling terpukul adalah warung-warung berskala sedang dan kecil yang tentu saja harus mendapatkan proteksi atau perlindungan agar usahanya tidak tergusur oleh para pebisnid ritel berskala besar di Kota Cimahi.

1 komentar: