Perbedaan Plaza dan Mall

Pusat perbelanjaan modern kini semakin berkembang di Indonesia, Mall dan plaza banyak bermunculan terutama di Kota-Kota besar. Namun banyak masyarakat yang masih bingung adakah perbedaan antara plaza dengan mall, karena sebagian besar anggapan masyarakat mall dan plaza itu sama-sama saja jika dilihat dari tampilan bangunannya.

Ternyata ada loh perbedaan antara Plaza dan Mall! Yuk kita simak saja apa sih perbedaannya! Kita mulai dulu dengan bahasan tentang Plaza. Kata Plaza berasal dari bahasa Spanyol yang berhubungan dengan "lapangan" yang menggambarkan tempat terbuka untuk umum (ruang publik) di perkotaan, misalnya lapangan atau alun-alun.
Di seluruh Amerika Latin, plaza
mayor dari masing-masing pusat pemerintahan mempunyai tiga lembaga yang saling terkait erat: katedral, cabildo atau pusat
administrasi, yang dapat ditempatkan di sebuah sayap dari istana gubernur, dan audiencia atau gedung pengadilan. Plazanya bisa cukup luas sehingga dapat digunakan sebagai lapangan untuk parade militer. Pada saat-saat krisis atau fiesta, plaza dijadikan tempat untuk masyarakat berkumpul. Seperti halnya piazza di Italia, plaza tetap merupakan pusat kehidupan komunitas yang hanya tertandingi oleh pasar.
Plaza atau Town Square adalah pusat perbelanjaan yang secara arsitektur bangunan dirancang tinggi, memiliki lebih dari tiga lantai. Sebuah plaza umumnya dibangun dengan pilihan lokasi pusat kota, karena itulah bangunannya mengutamakan
banyak lantai (tinggi), dengan tujuan untuk menghemat tempat. Di dalam sebuah plaza, penyewa besar (anchor tenant) terbatas dalam jumlah, paling banyak dua. Plaza umumnya memiliki atrium di lantai bawah.

Sedangkan Mal adalah jenis dari pusat perbelanjaan yang secara arsitektur berupa bangunan tertutup dengan suhu yang diatur dan memiliki jalur untuk berjalan jalan yang teratur sehingga
berada di antara antar toko-toko kecil yang saling berhadapan.
Karena bentuk arsitektur
bangunannya yang melebar (luas), umumnya sebuah mal memiliki tinggi tiga lantai.
Di dalam sebuah mal, penyewa besar (anchor tenant) lebih dari
satu (banyak). Seperti jenis pusat perbelanjaan lain seperti toko serba ada untuk masuk di
dalamnya. Jika ditinjau dari lokasi, mal sebenarnya diperuntukkan berada di dekat lokasi perumahan. Karena itulah bangunan mal melebar, karena pada umumnya lokasi yang dekat perumahan ini, harga tanahnya relatif lebih murah daripada pembangunan sebuah plaza yang berada di lokasi pusat kota. Dalam bangunan mal juga umumnya terdapat atrium.

Namun dari segi kepopuleran, sepertinya saat ini nama Mall lebih populer dari plaza, ini bisa dirasakan dalam perbincangan masyarakat yang lebih sering menggunakan kata "Pergi ke Mall" daripada kata "Pergi ke Plaza" ketika ada seseorang yang menanyai hendak pergi kemana.

Demikianlah postingan kita kali ini tentang perbedaan antara plaza dan mall, semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca yang budiman.

2 komentar:

  1. terimakasih infonya, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2qpSwKt

    ReplyDelete
  2. Setau sy, istilah "plaza" yang berasal dari bahasa Spanyol untuk lapangan, selain populer untuk nama mall, bbrp gedung perkantoran juga pakai embel2 tsb

    ReplyDelete