4 Mall Baru Di Jakarta

Pada tahun 2016 ini ada 4 Mall baru yang akan dibuka di Kota Jakarta, keempat mall itu adalah Pantai Indah Kapuk Mall dengan luas 30.000 meter persegi yang dikembangkan oleh Agung Sedayu Group, lalu SOHO Mall @ Pancoran dengan luas 8.000 meter persegi milik Agung Podomoro Group. Kemudian, Neo SOHO Mall @ Podomoro City dengan luas 40.000 meter persegi yang juga dimiliki oleh Agung Podomoro dan Mall at Basura City dengan luas 15.000 meter persegi yang digarap oleh Synthesis Karya Prima.

Sebenarnya mulai tahun 2012, Pemerintah Daerah DKI Jakarta mulai menerapkan moratorium pembangunan mall yang diperkuat dengan Instruksi Gubernur (Ingub) tentang Moratorium Pemberian Izin Pembangunan Pusat Perbelanjaan, Pertokoan/Mall Dengan Luas Lahan Lebih Dari 5.000 Meter Persegi, namun menurut Associate Director Research Colliers International Indonesia, Ferry Salanto, keempat Mall baru tersebut telah mendapatkan izin sebelum moratorium tersebut diberlakukan.

Secara umum, akibat moratorium, sub-sektor pusat belanja menunjukkan stabilitas kinerja baik untuk segmen tingkat hunian, menurut hasil riset Colliers International Indonesia, hingga kuartal IV-2015, tingkat hunian rata-rata pusat belanja di ibu kota Indonesia itu masih bertengger di angka 86,8 persen. Tingkat hunian tertinggi dicatat pusat belanja kelas atas dengan 90,8 persen, dan pusat belanja kelas menengah sekitar 86,3 persen.
Sementara untuk harga sewa, mengalami kenaikan 5,5 persen
secara tahunan menjadi rerata Rp 535.285 per meter persegi per
bulan. Berdasarkan area, pusat belanja di central business district (CBD) Jakarta mencatat harga sewa rata-rata Rp 829.652 per meter persegi per bulannya.
Seperti kita ketahui sebelumnya salah satu tujuan dibuatnya moratorium tersebut, untuk mengurangi kemacetan yang disebabkan bertumpuknya warga yang mengunjungi pusat-ousat perbelanjaan di Jakarta.

0 komentar:

Post a Comment